My Slide

BLOG PRIBADI SAYA

SEMOGA ANDA BERKENAN MEMBACANYA

Jumat, 07 Juni 2013

Tulisan Bahasa Indonesia 2#


KARAKTER ATAU TIPE MAHASISWA


PENDAHULUAN

Dalam kegiatan perkuliahan pasti ada saja karakter-karakter mahasiswa yang bermacam-macam sehingga menarik untuk diamati atau dicermati sehingga dapat menjadi sebuah tulisan yang menarik. Pada dasarnya mahasiswa hakikatnya adalah manusia yang memiliki watak, pemikiran dan kepribadian yang terbentuk dari keluarga dan lingkungannya. Campuran dari watak, pemikiran dan kepribadian inilah yang menimbulkan suatu karakter pada mahasiswa yang dapat diukur tingkat kemampuan dan pengetahuannya. Setiap mahasiswa dalam perkuliahannya pasti memiliki tingkat ketertarikan pada matakuliah tertentu karena kebanyakan mahasiswa tidak semua menguasai matakuliah yang diberikan pihak universitas. Bagi mahasiswa yang tertarik pada matakuliah yang ia senangi cenderung memilki motivasi untuk belajar karena pada sebelumnya ia telah mempelajari matakuliah tersebut, sedangkan mahasiswa yang tidak tertarik pada matakuliah tersebut cenderung hanya mengikuti dan penalarannya kurang paham dibandingkan dengan mahasiswa yang tertarik dengan matakuliah tersebut.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi karakter atau tipe mahasiswa dalam menjalankan kegiatan perkuliahannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi tersebut diantaranya :
  • Ketertarikkan pada matakuliah
  • Gaya mengajar dosen
  • Teman / sahabat / kekasih
  • Nilai IPK
Untuk pembahasan lebih lanjutnya akan dibahas pada bagian pembahasan dalam tulisan ini maka dari itu penulis hanya memperkenalkan poin-poin yang akan menjadi pembahasan pada bagian selanjutnya.

ISI 
  Mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari pasti mengalami kejadian yang berbeda-beda sehingga dalam menjalankan kehidupannya terkadang sering diluar dugaan yang diperkirakan sebelumnya. Dalam melakukan kegiatan rutinitas pasti ada yang memotivasi atau mempengaruhi dirinya dan setiap mahasiswa pastinya memiliki motivasi yang berbeda-beda satu sama lain sehingga menimbulkan karakter atau tipe mahasiswa dalam kegiatan perkuliahannya. Karakter atau tipe mahasiswa dapat menjadi pembahasan yang menarik bagi pembaca yang merupakan hasil pengamatan dari penulis. Dari beberapa pengamatan yang telah di informasikan penulis pada bagian pendahuluan terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam perkuliahannya. Berikut ini penjelasan faktor-faktor tersebut :
  • Ketertarikan pada matakuliah
Matakuliah dapat menjadi faktor penarik mahasiswa untuk mempelajarinya karena memliki pembahasan yang menarik dan mudah dipahami bagi mahasiswa yang merasa dirinya sudah mempelajarinya sehingga muncul imajinasi atau penalaran materi matakuliah. Hal ini dapat memicu keaktifan mahasiswa saat dosen memberikan materi matakuliah tersebut dan juga memudahkan bagi dosen untuk menjelaskan materi kuliah karena mahasiswa sudah mempunyai imajinasi dan penalaran tentang materi kuliah. Dengan adanya ketertarikan pada matakuliah biasanya mahasiswa dalam sisi tingkat kehadiran juga akan berdampak positif karena pastinya mahasiswa tak akan melewatkan perkuliahan dengan matakuliah yang ia sukai.
  • Gaya mengajar dosen
Dalam memberikan pengarahan atau penyampaian materi dosen memiliki caranya sendiri agar materi matakuliah dapat sampai kepada mahasiswa. Gaya mengajar dosen juga mempengaruhi karakter atau tipe mahasiswa karena bagi mahasiswa yang hanya belajar mengandalkan materi dari dosen ini akan menjadi masalah ketika mahasiswa tersebut tidak memahami materi yang disampaikan atau bahkan keliru dalam memahami materi kuliah yang diberikan dosen akan memberikan efek kurang maksimalnya nilai yang diperoleh mahasiswa tersebut.
  • Teman / sahabat / kekasih
Mahasiswa dalam kehidupan perkuliahan pasti mempunyai teman atau sahabat bahkan kekasih sehingga ini terkadang menjadi pemicu mahasiswa untuk dapat bersaing dalam memperoleh nilai yang terbaik. Hal ini dapat mempengaruhi mahasiswa tersebut dalam perkuliahannya sehingga dapat berperan lebih aktif dan mempunyai motivasi lebih karena tidak mau kalah engan teman atau sahabat atau kekasihnya. Salah satu faktor positif yang dapat membrikan efek baik kepada mahasiswa dalam perkuliahannya.
  • Nilai IPK
Sebuah acuan prestasi belajar bagi mahasiswa yaitu Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi karakter atau tipe mahasiswa. Dengan tinggi atau rendahnya IPK dapat membuat motivasi tersendiri bagi mahasiswa karena rendahnya IPK akan menjadi momok yang menjadi pemicu perbaikan dalam belajar setiap matakuliah yang diberikan demi mengejar skripsi dan prestasi yang terbaik. Dengan tingginya nilai IPK juga akan membuat mahasiswa untuk terus mempertahankan nilai IPK untuk mendapatkan skripsi dan prestasi terbaik.

PENUTUP
  • Kesimpulan
Banyak faktor yang mempengaruhi karakter atau tipe mahasiswa dalam perkuliahannya seperti ketertarikan pada matakuliah yang dapat membantu dosen dalam memberikan materi kuliah karena mahasiswa telah memiliki imajinasi atau penalaran sehingga mahasiswa bisa lebih aktif dalam perkuliahannya. Faktor selanjutnya adalah gaya mengajar dosen juga mempunyai pengaruh bagi mahasiswa dalam memahami materi kuliah dengan penyampaian yang sesuai satuan acara perkuliahan akan memudahkan mahasiswa untuk menghadapi setiap ujian yang diberikan pihak universitas. Kemudian ada faktor teman / sahabat / kekasih, hal ini bisa menjadi faktor pengaruh karakter / tipe mahasiswa karena dapat menimbulkan persaingan yang baik untuk meriah prestasi terbaik. Faktor terakhir yang dapat mempengaruhi karakter / tipe mahasiswa adalah nilai IPK, tinggi atau rendahnya nilai IPK pastinya aka mempengaruhi karakter / tipe mahasiswa dalam belajar untuk mendapatkan prestasi terbaik.
  • Saran Bagi Pembaca
Dalam penulisan tentang karakter / tipe mahasiswa penulis bermaksud memberikan pandangan yang berbeda agar dapat memberikan saran atau informasi yang berguna bagi pembaca. Semoga dengan adanya penulisan tentang karakter / tipe mahasiswa dapat menjadi bacaan yang menarik sehingga pembaca tidak merasa bosan dalam membacanya. Penulis juga meminta maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dalam penyampaian penulisan ini dan kesamaan narasi sehingga menyinggung pembaca, sesungguhnya penulis tidak bermaksud untuk menyinggung pihak mana pun dalam penulisannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar