My Slide

BLOG PRIBADI SAYA

SEMOGA ANDA BERKENAN MEMBACANYA

Jumat, 22 Oktober 2010

KONSEP ILMU BUDAYA DASAR DAN KEMANUSIAAN

 KONSEP ILMU BUDAYA DASAR DAN KEMANUSIAAN





 2010



 NAMA : FUAD ARIF RAHMAN
KELAS : 1EA14
NPM     : 12210894





























       Manusia adalah mahluk yang tak dapat di pisahkan atau hidup sendiri (individu) karena manusia mempunyai rasa ketergantungan satu sama lain yang sangat tinggi. Sejauh apapun berusaha untuk hidup sendiri tetap saja suatu saat nanti pasti akan membutuhkan / dibuthkan oleh orang lain. Manusia hidup saling berdampingan satu sama lain, saling melengkapi dan menolong bagi yang membutuhkan pertolongan. banyak hal tang dapat dipelajari dari hidup kebersamaan satu sama lain, bisa mengerti arti kehidupan sesungguhnya yang penuh warna beragam dan menjadi misteri bagi yang menjalankan kehidupannya dengan baik. Ilmu budaya dasar di indonesia di kembangkan lebih jauh adalah sebagai pengganti istilah BASIC HUMANITIES yang berasal dari kata bahasa latin yaitu HUMNUS yang artinya manusia, berbudaya dan halus. 
A. KONSEP ILMU BUDAYA DASAR 
     - Latar belakang ilmu budaya dasar 
Dalam konteks budaya suatu negara dan masyarakatnya pasti berkaitan dengan berbagai permasalahan berikut: 
  • > Kenyataan bahwa suatu negara terdri atas berbagai budaya dan segala keanekaragaman budaya yang tercermin sebagai aspek kebudayaannya. 
  • > Proses pembangunan dampak positif dan negatif berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya yang sehingga dengan sendirinya mental manusia terkena pengaruhnya. Akibat lebih jauhdari pembentuka nilai budaya ini akan timbul konflik dalam kehidupan. 
  • > Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung sendiri terhadap teknologi yang telah diciptakannya. 
- Tujuan ilmu budaya dasar antara lain: 
  • > Mengenal lebih dalam dirinya sendiri maupaun orang lain yang sebelumnya dikenal luar saja. > Mengenal perilaku diri sendiri maupun orang lain. 
  • > Sebagai bekal penting dalam hidup bergaul.  
  • > Perlu bersikap luwes dalam pergaulan setelah mendalami jiwa dan perasaan manusia serta mau tahu perilaku manusia. 
  • > Tanggap terhadap hasil budaya manusia secara lebih mendalam sehingga lebih peka terhadap masalah-masalah pemikiran perasaan serta perilaku manusia dan ketentuan yang diciptakannya. 
  • > Memiliki penglihatan yang jelas pemikiran serta yang mendasar serta mampu menghargai budaya yang ada di sekitarnya dan ikut serta mengembangkan budaya bangsa serta melestarikannya. 
  • > Tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan kekotaan. 
   
    Ilmu budaya dasar memiliki ruang lingkup antara lain:
  • > Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat di dekati dengan menggunakan pengetahuan budaya ( the humanities ).
  • > Hakekat manusia yang satu sama lain atau universal akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
 B. NILAI KEMANUSIAAN 
      Dalam kehidupan kesehariaanya manusia seringkali dihadapkan pada permasalahan yang kompleks dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda satu sama lain, oleh karena itu di butuhkan suatu nilai yang dapat menjadi kebersamaan untuk menjalin hubungan yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Dengan menolong sesama kita dapat membantu orang lain yang membutuhkan bantuan / uluran tangan dari manusia yang dapat membantunya.Dalam berbudaya juga dibutuhkan nilai kemanusiaan yang dapat menjadi simbol untuk saling meenhargai kebudayaan yang dimiliki setiap daerah maupun suku tertentu. Manusai juga di tuntut untuk selalu mencintai dirinya sendiri karena dengan itu dapat mengajrkan betapa pentingnya menghargai sesuatu yang dimiliki seseorang baik kelebihan maupun kekurangan. Pada setiap agama selalu mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan dan menjunjung tinggi rasa tenggang rasa satu sama lain, kehidupan yang damai danb temtram akan tercipta apabila setiap individunya mengerti akan makna kehidupan yang sebenarnya.

 DAFTAR PUSTAKA
  • http:// http://bapsi.gunadarma.ac.id/wp-content/uploads/2008/07/gunadarma.png
  • http://sosial-budaya.blogspot.com/2009/05/nilai-kemanusiaan.html
  • www.scribd.com/doc/25987642/Tinjauan-Tentang-Ilmu-Budaya-Dasar-Etika-a

Tidak ada komentar:

Posting Komentar