My Slide

BLOG PRIBADI SAYA

SEMOGA ANDA BERKENAN MEMBACANYA

Jumat, 22 Oktober 2010

MANUSIA DAN CINTA KASIH

   MANUSIA DAN CINTA KASIH







 2010



 NAMA : FUAD ARIF RAHMAN
KELAS : 1EA14
NPM    : 12210894









































Banyak manusia yang mempunyai rasa cinta dan kasih terhadap sesama, setiap individu pasti ingin dikasihi dan sayangi oleh individu yang dan itu merupakan hal yang wajar karena manusia mempunyai perasaan yang peka terhadap setiap interaksi yang ada disekitarnya dan dapat menilai ketulusan dari setiap interaksi yang diberikan baik itu tulus maupun tidak. Tuhan menciptakan manusia untuk saling rukun, damai dan saling berdampingan karena manusai tak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Rasa ketergantungan terkadang membuat manusia mengerti makna kehidupan yang sesungguhnya di dalmnya salah satunya mengajarkan rasa saling mnghargai satu sama lain (tenggang rasa) dan saling tolong satu sama lain apabila membutuhkan/dibutuhkan oleh orang lain.

 A. PENGERTIAN CINTA KASIH

    Peengertian tentang cinta yang dikemukakan oleh Dr. Sarliyo W.Sarwono bahwa cinta memiliki tiga unsur yaitu keterkaitan, keintiman, dan kemesraan. 
  • Keterkaitan adalah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia.
  • Keintiman adalah adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkkan bahwa antara anda dengann dia sudah tidak ada jarak lagi.
  • Kemesraan adalah adanya rasa ingin saling membelai atau dibelai, rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang. Kemesraan berasal dari kata dasar mesra yang artinya perasaan simpati yang akrab.
    Cinta kasih kesaudaraan merupakan cinta kasih antar orang-orang yang sama-sama searah sedangkan cinta kasih ibu merupakan cinta kasih terhadap orang-orang byang lemah tanpa daya. Banyak cara mengungkapkan rasa / perasaan cinta kasih kepada seseorang yai tu dengan memberikan perhatian yang lebih terhadap orang tersebut dengan hati yang tulus sehingga orang tersebut merasakan apa yang kita berikan. Dengan cinta dan kasih hidup terasa indah karena tak ada rasa benci terhadap orang lain yang muncul kedalam kehidupan kita. Manusia apabila akan beranjak dewasa pasti akan belajar memberikan rasa cinta dan kasih terhadap seseorang yang di inginkannya dan mencoba mempraktikkannya dalam kehidupannya. Dengan seni juga dapat menyampaikan rasa cinta kasih dengan puisi yang memikat hati atau lagu yang romantis yang menusuk hati itu merupakan contoh penyampaian inta kasih. Ada beberapa teori dalam seni:
  • Teori pengungkapan
  • Teori metafisik
  • Teori psikologis
    Cinta kasih erotis adalah kehausan akan penyatuan yang sempurna, akan penyatuan dengan seseorang lainnya. Pada hakekatnya cinta kasih tersebut eksklusif, bukan universal dan juga merupakan bentuk cinta kasih yang paling tidak dapat di percaya.

    DAFTAR PUSTAKA
  • http://sosial-budaya.blogspot.com/2009/05/pengertian-kasih-sayang-cinta-kemesraan.html
  • http://bapsi.gunadarma.ac.id/wp-content/uploads/2008/07/gunadarma.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar