My Slide

BLOG PRIBADI SAYA

SEMOGA ANDA BERKENAN MEMBACANYA

Selasa, 21 Desember 2010

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB








 PENGERTIAN MANUSIA
Manusia adalah mahluk yang paling sempurna di ciptakan oleh tuhan,
Kehadiran manusia pertama tidak terlepas dari asal usul kehidupan di alam semesta. Asal usul manusia menurut ilmu pengetahuan tidak bisa dipisahkan dari teori tentang spesies lain yang telah ada sebelumnya melalui proses evolusi.
Evolusi menurut para ahli paleontology dapat dibagi menjadi empat kelompok berdasarkan tingkat evolusinya, yaitu :
Pertama, tingkat pra manusia yang fosilnya ditemukan di Johanesburg Afrika Selatan pada tahun 1942 yang dinamakan fosil Australopithecus.
Kedua, tingkat manusia kera yang fosilnya ditemukan di Solo pada tahun 1891 yang disebut pithecanthropus erectus.
Ketiga, manusia purba, yaitu tahap yang lebih dekat kepada manusia modern yang sudah digolongkan genus yang sama, yaitu Homo walaupun spesiesnya dibedakan.
Fosil jenis ini di neander, karena itu disebut Homo Neanderthalesis dan kerabatnya ditemukan di Solo (Homo Soloensis).
Keempat, manusia modern atau Homo sapiens yang telah pandai berpikir, menggunakan otak dan nalarnya.
PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB
Tanggung jawab adalah siap menerima kewajiban atau tugas yang dibebani kepadanya yang harus di jalan kan dengan sebaik mungkin dan semaksimal mungkin. Lempar batu sembunyi tangan adalah pepatah yang ditujukkan kepada seseorabg yang tak berani untuk bertanggung jawab atas segala perbuatannya. Dan bisa juga di katakan sebagai kambing hitam atupun adu domba yang ditujukan kepada orang yang ingin lepas dari tanggung jawabnya. Biasanya hal itu terjadi atas dorongan lingkunnya yang memaksanya untuk melimpahkan kesalahanya pada orang yang tak bersalah atu berpura-pura tidak mengetahui apa yang sebenarnya terjadi sehingga terjadi kesalah pahaman di berbagai pihak yang saling menuduh satu sama lainnya. Orang yang bertanggung jawab merupakan seorang kesatria yang tangguh karena dia sebelum menjalani tugas , ia telah mengetahui apa reiko yang kan ia hadapi nanti. Dan berani mengakui kesalahan apabila benar kesalahan itu merupakan kesalahannya. 
HUBUNGAN MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB
Manusia dituntut agar bisa mempertanggung jawabkan setiap perbuatannya kepada manusia yang lain dan sang maha penciptanya. Saat ini masyarakat butuh pemimpin yang mampu bertindak positf atas perkataanya dan berani bertanggung jawab apabila melakukan kesalahan yang membuat resah dan agar tidak terjadi kesimpang siuran infomasi yang mengakibatkan para pemimpinnya saling melemparkan kesalahan kepada pihak lain yang belum tentu salah. Ada istilah TALK LESS DO MORE yaitu sedikit bicara banyak berbuat, tetapi dengan landasan semua perbuatan bisa di pertanggung jawabkan kepada manusia atau sang maha pencipta.
SUMBER
  • .http://www.membuatblog.web.id/2010/02/pengertian-hakikat-manusia.html
  • http://wuryanano.wordpress.com/2007/10/27/memahami-tanggung-jawab/
  • http://dhiasitsme.files.wordpress.com/2010/10/logo_gunadarma.jpg
  • http://tsantsantsan.files.wordpress.com/2010/11/tanggung-jwb.jpg?w=136&h=205
  • https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjqZXYZM-cGiXWeKdHLA7cXaSewexlyI2QtuRYftfpLZK2FCIYUDO4-MErhkPnIlJLMZntJIFLNvq19aMANNflHhxroepW2k-wu0OU2Q8O3qZSzjyAGOM_Zd7BU_VimJuXP9KnfWVd9qkM/s1600/lari_dari_tanggung_jawab.jpg
  • http://deqoer.blogdetik.com/files/2010/07/responnew3.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar