PENDAHULUAN
BAB I: PENGANTAR
Dalam pemasaran konsumen merupakan target utama yang dibebankan oleh perusahaan untuk di beri pelayanan dan edukasi tentang produk yang ditawarkan. Strategi-strategi pemasaran terus dilakukan untuk mendapatkan efektifitas dan peningkatkan penjualan yang akan berpengaruh pada produksi sehingga dapat menghasilkan laba yang maksimal bagi perusahaan. Para pemasar yang handal dan berpengalaman adalah bagian yang terpenting bagi perusahaan karena dari para pemasar nasib perusahaan dapat ditentukan.
Perilaku konsumen dan keputusan yang diambil konsumen dapat diketahui perusahaan dengan berbagai macam cara yang dapat dilakukan diantaranya dengan melakuakan penelitian yang kemudian dikaji, di evaluasi dan keputusan perusahaan untuk mengambil langkah seperti apa pada kondisi tertentu. Dalam pembahasan kali ini akan dibahas tentang perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian.BAB II: PEMBAHASAN
- Apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen ?
Perilaku konsumen merupakan proses dan aktivitas seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, pengunaan serta peng-evaluasian produk ( barang ) ataupun jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen juga memiliki arti penting dalam hal-hal yang mendasari konsumen untuk mengambil keputusan pembelian. Sedangkan konsumen itu sendiri juga memiliki pengertian sebagai seseorang yang menggunakan barang atau jasa yang di asumsikan memiliki pengetahuan atau informasi yang sempurna yang akan berkaitan dengan keputusan konsumsinya.
Setiap keputusan yang dilakukan oleh konsumen memiliki banyak arti dan alasan mengapa konsumen tersebut melakukan keputusan untuk membeli barang tersebut dengan berbagai macam pertimbangan dan perbandingan produk ( barang ) maupun jasa ( layanan ). Contoh dari pertimbangan dan perbandingan produk misalnya seorang konsumen dihadapkan pada dua pilihan atau lebih produk maupun jasa keputusan konsumen untuk membeli barang A yaitu harga murah namun kualitas tak terlalu bagus, ini merupakan perilaku konsumen yang harus dipahami oleh para pemasar untuk dapat memahami keinginan para konsumen nya agar dapat menyajikan produk yang tepat sasaran dengan memperhatikan faktor-faktor, sudut pandang dari berbagai arah, pendekatan-pendekatan dan strategi marketing ( pemasaran ). Dengan memperhatikan hal-hal yang menjadi unsur penting dalam marketing diharapkan dapat terjalin komunikasi yang baik antara perusahaan melalui agen pemasar nya dengan konsumen.2. Pemikiran yang benar tentang konsumen
Konsumen bagi perusahaan produk atau jasa adalah seseorang yang menjadi target sasaran yang membutuhkan perhatian khusus agar perusahaan dapat berjalan dan bersaing dengan para kompetitor nya. Saat ini khusus nya di indonesia persaingan usaha sedang mengalami era yang sangat jauh lebih bergairah. Banyak perusahaan yang mengeluarkan uang nya lebih banyak untuk memfokuskan pada bidang marketing agar produk atau jasa yang di jualnya dapat dikenal dan menjadi barang yang nilai guna ( utility ) lebih tinggi ketimbang para pesaing nya.
Ada persepsi yang mengatakan bahwa konsumen adalah RAJA yang dilayani dengan baik dan harus diperhatikan dengan baik perilaku dan keputusan pembelian dengan melakukan tindakan-tindakan yang persuasif dan agresif sehingga konsumen dapat memilih dengan baik tanpa ada keraguan. Bujukan dan rayuan adalah hal yang sangat lumrah dalam hal marketing dalam pendekatan dengan konsumen yang biasanya dilakukan oleh tenaga pemasar yang handal dan menarik perhatian. Setelah melakukan pendekatan dengan konsumen hasilnya akan di jadikan data bagi perusahaan untuk meneliti perilaku para konsumennya serta melakukan evaluasi terhadap produk atau jasa yang mereka tawarkan. Dengan melakukan penelitian dan evaluasi perusahaan dapat mengetahui langkah apa atau keputusan yang akan dilakukan untuk meningkat kan penjualannya.3. Penelitian konsumen sebagai suatu bidang yang dinamis
Dalam meneliti konsumen ada banyak hal yang harus dilakukan diantaranya: pendekatan dalam meneliti perilaku konsumen, roda analisis konsumen dan afeksi serta kognisi. Pendekatan dalam meneliti perilaku konsumen ada tiga pendekatan utama yaitu;
- Pendekatan interpretif : Menggali secara dalam tentang perilaku konsumen dan hal yang mendasari perilaku dan keputusannya dengan melakukan studi melalui wawancara panjang dan focus group untuk memahami makna dari sebuah produk atau jasa bagi konsumen dan apa yang dirasakan konsumen ketika sudah membeli produk atau jasa kemudian menggunakannya.
- Pendekatan sains marketing: Pendekatan jenis ini didasari oleh ilmu ekonomi dan statistika yang dilakukan untuk mengembangkan dan menguji coba dengan menggunakan model matematika.
Dari ketiga jenis pendekatan semuanya memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing untuk memahami keinginan dan kebutuhan konsumen. Setelah pendekatan dalam meneliti perilaku konsumen ada dua macam hal yang juga memiliki peranan penting dalam perilaku konsumen yaitu :
- Roda analisis konsumen: Kerangka kerja yang digunakan para pemasar untuk meneliti, menganalisis dan memahami perilaku konsumen agar dapat menciptakan strategi pemasarn yang lebih baik. Elemen-elemen yang terdapat pada roda analisis konsumen adalah afeksi & kognisi, lingkungan dan perilaku.
BAB III : KESIMPULAN
- Afeksi & kognisi: Afeksi merupakan hal yang merujuk pada perasaan konsumen pada stimulus atau suatu kejadian, contoh: Apakah konsumen tertarik pada produk atau jasa yang ditawarkan atau tIdak?. Sedangkan kognisi lebih kepada hal yang ada dalam pikiran konsumen. Fungsi utama dari sistem kognisi adalah menginterpretasikan, membuat hal-hal yang dipertanyakan konsumen menjadi masuk akal dan mengerti aspek tertentu dari pengalaman yang dialami oleh konsumen.
- Perilaku konsumen dalam melakukan keputusan pembelian dapat diamati dengan memahami faktor-faktor yang konsumen miliki.
- Penilaian terhadap konsumen harus menjunjung pada pelayanan yang baik karena ada pendapat bahwa konsumen adalah Raja.
- Pendekatan persuasif dan agresif adalah kunci penting bagi para pemasar untuk menawarkan produk ataupun jasa kepada konsumen.
- Penelitian dan evaluasi sangat penting bagi perusahaan untuk strategi pemasaran yang lebih baik.
SUMBER:
- http://iokaw.blogspot.com/2012/05/kuis-iii-perilaku-konsumen-1.html
- http://nindyzoraya.wordpress.com/2011/10/12/perilaku-konsumen/
- http://the-marketeers.com/wp-content/uploads/2012/01/brain-final.png
- http://dwizeru.files.wordpress.com/2011/05/mike-talk-consumer.jpg
- https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjlgsrUev4hHcF0KPS9ff5sZ7kmY7ix63_KoqZ9FIsEpYgLqxoir42kag_l_98iGufPXKObIzUmfgP9yN990eVbCpikuJn4HoFI8nr6BW6Gty4vxZQMdilW-dR5X-Jn5lwfu8e_m8x638Au/s1600/manajemen-pemasaran.gif
- https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhgz-OwoCvzfr9bhFhgYFNaVASegTQ02OWqonGBcjg37-nXJQ0QXcWUn2Pl5nP9BE2cteDV1kg5q3DsAaWdDbtVa0eeqiE_urvr-FYwTEiEQGcpBuReetQagjHzA7zlMFJBrTpYY7lshBto/s1600/24643-clipart-illustration-of-sherlock-holmes-a-caucasian-man-in-a-green-hat-coat-and-pants-smoking-a-pipe-and-peering-through-a-magnifying-glass-while-searching-for-evidence.jpg
Tidak ada komentar:
Posting Komentar