My Slide

BLOG PRIBADI SAYA

SEMOGA ANDA BERKENAN MEMBACANYA

Jumat, 29 Maret 2013

Tulisan bahasa indonesia 2#

EFEK HARI SENIN


PENDAHULUAN
Hari senin bagi kebanyakan orang adalah hari yang tidak menyenangkan karena sebelumnya merasakan libur ( sabtu dan minggu ) kemudian harus memulai  kembali menjalani rutinitas pekerjaan sehari-hari. Keadaan seperti inilah yang kemudian membuat orang menjadikan hari senin sebuah momok menakutkan untuk memulai sesuatu atau pekerjaan yang harus dijalani. Contoh kasus yang sering terjadi adalah banyaknya karyawan kantor atau pegawai negeri sipil datang terlambat ataupun membolos dengan alasan yang tak jelas. 
Banyak juga kantor-kantor maupun instansi pelayanan jasa membuka pelayanannya tak tepat waktu alias molor dari waktu yang ditentukan sebelumnya sehingga dapat merugikan masyarakat yang ingin menggunakan jasanya merasa dikecewakan. Masih banyak contoh-contoh kasus yang bisa menjadi pembahasan " EFEK HARI SENIN " tetapi hanya dua contoh kasus ( kehadiran karyawan/PNS dan pelayanan publik) diataslah yang akan dibahas pada pembahasan tulisan kali ini.
 ISI
Sudah menjadi rahasia umum jika hari senin merupakan hari yang tidak disukai oleh kebanyakan orang karena sudah merasa malas untuk memulai rutinitas yamg pastinya akan menguras waktu, tenaga dan pikiran. Banyak media cetak ataupun elektronik yang menyoroti kebiasaan-kebiasan perilaku para pekerja ketika setelah mereka merasakan libur sabtu minggu ataupun libur panjang hari raya. Sebuah pemandangan yang menarik untuk dilihat dinamika-dinamika yang terjadi sehingga dapat menimbulkan anggapan berbeda-beda. Ada oknum pekerja atau pegawai yang memanfaatkan momen ini untuk membolos dengan berbagai alasan sehingga menimbulkan anggapan buruk pekerja atau pegawai dimata masyarakat khususnya untuk para kaum pelajar. 
Tak semua oknum pekerja ataupun pegawai melakukan pembolosan kerja tetapi ada juga yang patut dicontoh karena dibalik banyaknya oknum pekerja ataupun pegawai melakukan hal yang tak terpuji  dia malah meberikan contoh tauladan yang baik. Saat ini sudah banyak para pemimpin dari para pekerja ataupun pegawai yang melakukan sidak ( inspeksi mendadak ) kepada anak buahnya dan apabila melakukan pelanggaran nantinya akan diberikan sangsi yang berupa teguran sampai penundaan kenaikan jabatan atau pangkat yang merupakan kebijakan dari pemeimpinnya. 
Sebuah hal yang biasa bila kita melihat perilaku pekerja atau pegawai yang melakukan penyimpangan kerja tetapi sebuah hal yang luar biasa apabila kita melihat keadaan yang sebaliknya yaitu para pekerja atau pegawai tertib dan patuh terhadap peraturan yang berlaku dan sudah sepatutnya mendapatkan apresiasi setinggi-tingginya karena perilaku positifnya yang dapat menjadi contoh tauladan yang baik bagi masyarakat khususnya bagi kaum pelajar yang nantinya kelak akan menjadi generasi penerus bagi pekerja ataupun pegawai demi peningkatan kualitas individu yang lebih baik.
PENUTUP
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa efek hari senin bagi kebanyakan orang menjadi hal yang paling tidak menyenangkan karena harus memulai rutinitas setelah menjalani liburan bersama keluarga, pacar, teman maupun sahabat. Ada fenomena yang dapat dilihat ketika pekerja atau pegawai setelah mendapatkan libur sabtu minggu, hari raya dan cuti bersama perilaku yang tersirat menggambarkan sifat dan sikap individu yang akan berdampak pada instansi ataupun perusahaan tempat mereka bekerja. Ada banyak hal yang dapat kita ambil pelajaran dari pembahasan efek hari senin yaitu dari segi positif adalah perilaku menyimpang  yang dilakukan oknum pekerja atau pegawai dapat merugikan dirinya sendiri serta perusahaan yang memperkerjakannya. Kita juga harus mengapresiasi dan mengikuti oknum pekerja ataupun pegawai yang mempunyai dedikasi tinggi terhadap pekerjaannya.
Bagi pelajar harus bisa menyimpulkan pembahasan efek hari senin ini menjadi sebuah gambaran  tentang apa yang harus ia lakukan kelak ketika sudah menjadi pekerja ataupun pegawai sehingga diharapkan dapat menjadi pelajaran yang baik untuk membangun pribadi yang berdedikasi tinggi. Dengan adanya sosialisi tentang efek hari senin yang tidak menyenangkan dan mengerikan diharapkan dapat memberi pandangan bahwa hari senin bukanlah hari yang buruk tetapi menyenangkan apabila kita menyikapinya dengan baik dan benar. Harus selalu diingat adalah sesuatu dapat menjadi indah tergantung pemiliknya memperlakukan ia seperti semestinya. Demikian pembahasan efek hari senin saya buat dengan sederhana semoga dapat bermanfaat dan memberikan pandangan yang baik bagi sesama umat manusia.  
  
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar